Rabu, Oktober 15, 2008

Dia Sudah Berubah


Manusia merupakan makhluk yang dinamis karena selalu berubah-ubah. Dari segi fisik merupakan bukti bahwa manusia selalu berubah. Tinggi, berat, umur, wajah, ataupun bentuk-bentuk organ fisik lainnya selalu berubah setiap saat.

Sedangkan dari hal sikap, perilaku, pendapat, ide, perasaan dan lain-lain sebagainya yang dimiliki oleh manusia juga selalu berubah. Selalu bisa berubah-ubah setiap saat. Mungkin di saat pagi hari berperilaku sangat pemarah, tetapi mungkin saja di siang atau disore harinya menjadi sangat baik dan ramah. Itu bisa berlaku berulang-ulang dan selalu berubah setiap saat.

Kurang tepat memang, jika kita menilai ataupun menyimpulkan seseorang dari kesalahan ataupun kebaikan yang pernah dibuatnya. Semisal “sekali pembunuh tetap pembunuh”, begitu juga dengan “orang yang baik tetaplah orang baik”. Semua hal itu bisa saja berubah, dari yang baik menjadi jahat ataupun sebaliknya. Hal tersebut terjadi bisa saja dipengaruhi oleh keadaan, tuntutan-tuntutan, kebutuhan dan lain sebagainya.

“Kesan Pertama Begitu Menggoda”


Pernahkah anda merasakan seperti ini:
Ketika kita bertemu dengan orang yang pendiam, yang jika bicara seperlunya saja, maka mungkin kita menilai orang itu sedikit sombong. Mungkin kesan ini akan mempengaruhi penilaian kita terhadap orang tersebut serta hubungan selanjutnya bisa saja tidak berjalan dengan baik dan lancar . Begitu juga ketika kita bertemu dengan orang yang sangat periang, cara berbicaranya enak, menanggapi setiap percakapan yang berlangsung. Mungkin saja kita akan menilai orang tersebut baik dan ramah. Sangat memungkinkan ingin berhubungan dan bertemu lagi dengannya.

Kesan pertama itu memang penting dan mempengaruhi. Tapi yang terlebih penting adalah "apa yang tampak dan terlihat belumlah mencerminkan kepribadian seseorang".

Suasana hati, situasi, keadaan dan lain sebagainya akan mempengaruhi sikap seseorang. Mungkin saja ketika kita bertemu dengan orang yang kita anggap sombong, suasana hatinya saat itu sedang dalam keadaan kurang baik atau sedang dalam masalah. Sedangkan orang yang kita nilai baik dan ramah, mungkin saat itu suasana hatinya sedang berbunga-bunga dan sedang riang gembira.

Sangat banyak orang tertipu pada pandangan pertama.

Jika kita memahami bahwa manusia selalu berubah-ubah, maka kita akan menilai orang lain apa adanya. Kita tidak akan cepat menyimpulkan dan menilai kepribadian seseorang. Memang untuk memahami kepribadian seseorang diperlukan waktu yang cukup lama.


***maaf, salahkan aku telah mengaggap dirimu sudah berubah





Tidak ada komentar: