Sabtu, Oktober 18, 2008

Frank Lloyd Wright



Frank Lloyd Wright adalah salah satu arsitek favorite saya.

Frank Lloyd Wright (8 Juni 1867 – 9 April 1959) adalah seorang arsitek terkenal dari awal tahun 1900-an. Desain rumahnya terkenal dengan julukan Robbie House, yang tata ruangnya seperti jaringan jalan yang ruwet dan jendela kaca bernoda geometris. Ia mengembangkan serangkaian gaya yang amat bersifat perorangan, mempengaruhi rancang bangunan di seluruh dunia, dan hingga saat ini masih merupakan arsitek terkenal dari Amerika Serikat.

Wright juga terkenal sepanjang hidupnya. Kehidupan pribadinya yang berwarna sering menjadi berita utama, utamanya tentang kegagalan dua pernikahan pertamanya dan pembakaran serta pembunuhan di studio Taliesin miliknya pada tahun 1914.

Ketika kanak-kanak ia menuangkan daya ciptanya dengan bermain kotak-kotak di taman bermain anak, mainan buatan Friedrich Wilhelm August Fröbel (lebih dikenal sebagai Froebel's blocks) yang diberikan ibunya. Bermacam-macam kotak-kotak geometris yang dapat dirakit dalam berbagai kombinasi untuk membentuk komposisi yang tiga dimensi. Wright dalam autobiografinya bicara tentang pengaruh dari latihan ini pada disain-disain yang dikerjakannya. Banyak sekali karyanya yang didasari bentuk geometris tersebut.

Wright memulai pendidikan formalnya tahun 1885 di Universitas Wisconsin School jurusan Engineering, dimana ia menjadi anggota suatu fraternity, Phi Delta Theta. Dia mengambil kelas paruh waktu selama dua tahun tatkala bekerja magang pada Allen Conover, pembangun lokal dan guru besar teknik sipil. Pada tahun 1887, Wright meninggalkan universitas tanpa gelar (walaupun ia mendapatkan penghargaan tinggi atas karya seninya dari almamater pada tahun1955) dan pindah ke Chicago, Illinois. Selama tahun itu, dia meninggalkan Silsbee untuk bekerja pada perusahaan of Adler dan Sullivan. Dimulai pada tahun 1890, dia ditugasi mengerjakan semua karya disain rumah tinggal untuk perusahaan itu. Di tahun 1893, Wright meninggalkan Adler dan Sullivan untuk meresmikan prakteknya sendiri dan menetap di pinggiran kota Chicago Oak Park, IL. He had completed sekitar lima puluh proyek pada tahun 1901 termasuk banyak rumah tinggal di kampung halamannya.

Mahakarya periode terakhir adalah Frederick Robie House dan the Avery dan Queene Coonley House, semuanya terletak di Chicago. The Robie House dengan garis atap kantilever yang melayang, didukung oleh 110 kaki baja kanal, sangatlah mempesona. Pada ruang keluarga dan ruang makan terbentuk ruang yang tidak terganggu. Bangunan itu sangat dipengaruhi oleh arsitek Eropa muda paling terkenal sesudah Perang Dunia I dan dijuluki "Batu Penjuru Modernisme."

Dia berkunjung ke Jepang, pertama kali di tahun1905, dan Eropa (1909-10), membuka kantor perwakilan di Tokyo pada tahun 1916 . Di Tokyo, Wright merancang Imperial Hotel, diselesaikan tahun 1922.

Wright meninggal pada tanggal 9 April tahun 1959, telah mendesain sejumlah proyek besar dan penting termasuk Solomon R. Guggenheim Museum di kota New York , suatu bangunan yang memakan waktu selama 16 tahun (1943–1959) dan mungkin merupakan karyanya yang paling terkenal. Gedung ini muncul sebagai suatu spiral yang lembut dan hangat dari lokasinya di Fifth Avenue; interiornya menyerupai bagian dalam cangkang laut. . Malangnya, ketika museum itu telah dilengkapi, sejumlah detail penting dari disain Wright telah diabaikan, termasuk hasratnya bahwa interior harus dicat putih krem.




Bacaan Lainnya:

Frank Lloyd Wright 1
Frank Lloyd Wright 2
Frank Lloyd Wright 3
Frank Lloyd Wright 4
Frank Lloyd Wright 5
Frank Lloyd Wright 6
Frank Lloyd Wright 7
Frank Lloyd Wright 8
Frank Lloyd Wright 9
Frank Lloyd Wright 10
Frank Lloyd Wright 11
Frank Lloyd Wright 12
Frank Lloyd Wright 13
Frank Lloyd Wright 14
Frank Lloyd Wright 15
Frank Lloyd Wright 16
Frank Lloyd Wright 17
Frank Lloyd Wright 18
Frank Lloyd Wright 19
Frank Lloyd Wright 20



Tidak ada komentar: