Minggu, Oktober 05, 2008

Haruskah Bersedih


Membangun sebuah bisnis memang gampang-gampang susah. Ada yang langsung sukses tetapi ada juga yang bergerak perlahan menuju titik kesuksesan.

Mungkin dengan belum berhasilnya bisnisku ini, memberikan kesempatan bagiku untuk belajar lebih banyak lagi.

Haruskah aku bersedih?

Mungkin, dengan bersedih akan membuat beban pikiranku menjadi berat, sehingga tidak bisa memperbaiki bisnisku yang sedang jatuh dan gagal.

Aku masih ingat nasehat seorang kakak:

“Jangan menjadikan kegagalan sebagai momok yang menakutkan. Keberhasilan bisa diraih dengan bekerja sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah dan pantang menyerah”

Kadang rasa sedih itu muncul, tapi aku selalu memcoba untuk berfikir jernih:

Aku tak ingin bersedih, sebab rasa sedih akan menggangguku. Dengan selalu mengingat masa lalu, akan membuatku khawatir dengan segala kemungkinan dimasa yang akan datang, dan akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada pada hari ini.

Aku tak ingin bersedih, sebab rasa kesediahan hanya akan membuat musuh gembira dan membuat kawan bersedih.

Aku tak ingin bersedih, sebab rasa sedih hanya akan membuat hatiku menjadi kecut, wajah menjadi muram, semangat akan padam, dan harapan akan menghilang.

Aku tak ingin bersedih, sebab rasa sedih tidak akan pernah mengembalikan sesuatu yang hilang dan semua yang telah pergi.


***Semoga aku bisa. Jangan bersedih...





Tidak ada komentar: