Jumat, Februari 29, 2008

Membeli Rumah



Memiliki sebuah rumah yang nyaman serta aman sudah menjadi impian setiap orang. Terutama bagi pasangan yang baru menikah atau yang telah di karuniai buah hati, tentu sangat mendambakan sebuah hunian nyaman milik pribadi bukan kontrakan. Apabila Anda sudah memiliki dana yang cukup, sudah saatnya memilih rumah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Memilih rumah bukanlah perkara mudah, terutama bila dana yang Anda miliki terbatas. Anda harus bersepakat dengan pasangan untuk menentukan rumah yang cocok, karena rumah ini akan Anda tinggali berdua, juga bersama anak-anak. Sebelum memutuskan membeli rumah,

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan saat memilih rumah:

Lingkungan. Di daerah mana Anda ingin tinggal; tengah kota, daerah pinggiran, pedesaan, pegunungan, atau pesisir pantai. Bagaimana lingkungan hunian yang Anda inginkan? lokasi yang terbatas seperti perumahan elit yang memiliki akses terbatas terhadap orang luar, atau di pedesaan yang lebih terbuka.

Jenis dan model rumah. Rumah dengan gaya apa yang anda inginkan, bergaya modern minimalis, atau tradisional. Tentukan pula berapa ruangan yang Anda inginkan berikut pembagian fungsinya. Berapa jumlah kamar tidur, kamar mandi, serta ruang apa saja yang dibutuhkan. Apakah Anda juga ingin memiliki sedikit lahan tambahan untuk kebun, pekarangan, kolam renang, atau fasilitas lain.

Akses ke luar. Anda tidak hidup sendiri, Anda membutuhkan fasilitas umum untuk mendukung kehidupan Anda. Karena itu, pertimbangkan pula akses menuju fasilitas umum seperti tempat kerja, pusat pelayanan kesehatan, sekolah, tempat ibadah, sarana hiburan, restoran, pasar, fasilitas olahraga. Juga pertimbangkan jarak dengan teman-teman dan keluarga.

Bedakan antara “keinginan” dengan “kebutuhan”.

Kadang kita ingin tapi kita tidak butuh
Kadang kita butuh tapi kita tidak ingin

Rujukan: www.housing.com

Tidak ada komentar: