Kamis, Mei 27, 2010

Louis Henry Sullivan


Louis Henry Sullivan (1856-1824)

Louis Henry Sullivan dilahirkan pada tanggal 3 September 1856, di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Pada tahun 1870 Sullivan sekolah di Boston English High School dan tahun 1872 pada usianya ke 16 tahun kuliah di Massachusset Institute Of Technology ( MIT ) untuk belajar arsitektur. Ia hanya belajar selama 1 tahun di MIT. Tahun 1873 bekerja untuk Frank Furnes dan George Hewitt.

Tahun 1874 Sullivan belajar singkat di Ecole Des Beaux Arts Prancis.Tahun 1875 bekerja asebagai draftsman pada kantor Josephs Johnston dan John Ederman. Tahun 1879 bekerja pada perusahaan Dankmar Adler dan pada tahun 1883 perusahaan tersebut berganti nama menjadi Adler & Sullivan. Dan telah merancang lebih 180 bangunan. Pada tahun 1887 seorang draftsman bernama Frank Llyond Wright bergabung dengan Adler dan Sullivan.

Sullivan memiliki kepribadian yang sukar berkompromi namun memiliki pemikiran yang cermerlang dan pendirian yang kuat. Ia menciptakan suatu bentuk arsitektur yang bebas dari kaidah-kaidah klasik atau historic stlye. Hal ini ia terapkan dalam pada rancangan dan sikap hidupnya. Sullivan mengangap bahwa gaya arsitektur merupakan ekspresi dari budaya dan lingkungan dimana ia diciptakan.


Menurut Sullivan fungsi dalam alam merupakan merupakan suatu kekuatan yang disebut sebagai : “semangat kreatifitas yang tidak terbatas dan fungsi dari pada fungsi”. Setiap objek yang ada dibumi adalah ekspresi dari fungsi. Sehingga muncul suatu prinsip dasar Sullivan; “form follows function” ( bentuk mengikuti fungsi).

Sullivan memandang arsitektur sebagai seni dan wujud dari suatu yang hidup, tumbuh dan berkembang. Sullivan berpegang teguh pada sifat kebijaksanaan dan dasar seni arsitektur. Maka dalam bentuk arsitektur modern ia tidak lepas dari kemegahan, prinsip keselarasan, keseimbangan, simetris. Hal ini dicapai dengan sumbu bangunan yang jelas, tata ruang, komposisi, kemurniaan material, penyusunan unit bangunan dan lain sebagainya.

Sullivan meninggal pada tanggal 16 April 1924 dalam keadaan kesehatan yang memburuk akibat penyakit ginjal dan kerusakan pada fungsi hati. Ia dikubur di Chicago tidak jauh dari Ryerson dan Getty Tomb sebuah rancanganya 30 tahun sebelumnya.

Louis Sullivan mempunyai kecendrungan dalam memandang arsitektur sebagai ekspresi yang agung dan kuat dari daya-daya alam seperti halnya Ruskin. Seperti ungkapan teori dan konsep seni arsitektur dari Sullivan: “seni adalah suatu bentuk organisme (sesuatu yang hidup) oleh karena itu, hendaknya dilihat pertumbuhannya sebagai bagian dari kehidupan manusia, kelahiran dalam lingkungannya, menjaga dan memeliharanya, untuk penggunaan masa akan datang. Arsitektur baru juga suatu bentuk seni, bagaikan bayi lahir, menangis, merengek, dipelihara, diberi makan, tidur, dibesarkan , berjalan kemudian tumbuh dan berkembang hingga dapat membawa sinar matahari dalam hati kita”.

Karya-karya dari Sullivan mencerminkan doktrin-doktrin yang mendominasi konsep-konsep ekspresi yang agung (sublime) yang telah diterapkan Ruskin. Sullivan mencoba mendefenisikan arsitektur sebagai analog dengan bentuk alam sebagai ekspresi dari suatu daya hidup batin dan logika sturktural manusia ;”fungsi menciptakan dan mengorganisasi bentuk dan bahwa bentuk haruslah mengekpresikan fungsi tersebut”.

Hal ini didukung juga oleh artikel Sullivan: “........ suatu dekorasi baru harus dikembangkan dan digunakan secara wajar untuk mencapai keharmonisan, terbatas pada bentuk organis, plastis dan melekat pada dayanya untuk mengekspresikan pemikiran dan perasaan. Dari beberapa penjelasan maka sangat jelas bahwa Sullivan lebih mendahulukan fungsi ,berkosentrasi dan kembali pada kemurnian dan kesederhanaan yang akan menghasilkan suatu bentuk bangunan yang cantik dan mendapatkan nilai tinggi walau tanpa hiasan.

Karya-karya besar Sullivan:*

1. Rothschild Store (1881)
2. Jewellers Building (1881)
3. Auditorium Building (1887-1890)
4. Getty Tomb (1890)
5. Wain Wright Building (1890-1892)
6. Carson Pirie Scott Store (1899-1903)

Lihat desain Sullivan
disini dan disini

Dilihat dari hasil karya-karya Sullivan maka bisa dikategorikan kedalam gaya, aliran, isme arsitektur:
Art-Neuveau :Kebebasan imajinasi serta inspirasi dalm ekspresi bentukalami,dipadukan dengan seni yang cendrung kepada penyederhanaan bentuk tumbuhan dan organik kedalam bentuk seni dekorasi.

Art-Nouveau adalah sebutan untuk gerakan pembaruan seni akhir abad 19 (1894-1914) yang memprotes model seni yang diajarkan disekolah-sekolah. Selain di Eropa gerakan ini juga berlangsung di Amerika. Selanjutnya sekitar tahun 1880-1890. Art-Nouveau berkembang menjadi sebuah gaya arsitektur dan interior yang mendunia. Gaya ini banyak dicirikan oleh garis-garis, rancangan yang organik, karena mengambil inspirasi dari alam.

Art-Nouveau memiliki ciri-ciri:
- Menggunakan betuk-bentuk geometri
- Ekspresi arsitektur logam dengan inspirasi bentuk alami.
- Penyederhanaan bentuk tumbuhan dan hewan (flora dan fauna).
- Menggunakan material modern, kaca, baja cetak, logam, beton dan lain-lain.

Fungsionalisme : mengutamakam fungsi, keindahan timbul karena fungsi elemen bangunan yang berdasarkan rasio atau pemikiran logis.

Rasionalisme : berlandaskan rasio atau pemikiran logis. Lebih mengutamakan fungsi, menghilangkan elemen-elemen tanpa fungsi dan memperjelas struktur dan program ruang.


Tidak ada komentar: