Rabu, Mei 26, 2010

Atonio Gaudi Y Cornet


Atonio Gaudi Y Cornet
(1852-1926)

Antonio Gaudi Y Cornet dilahirkan di Reus, sebuah kota kecil di Barcelona, Spanyol. Gaudi merupakan anak seorang pengrajin tembaga. Pada tahun 1874, Gaudi mulai menekuni ilmu arsitektur di perguruan tinggi Elias Rogent’s New Barcelona University Building.Saat belajar arsitektur, Gaudi juga larut dalam kelompok-kelompok tukang batu. Sejak mahasiswa ia memiliki kecenderungan berbeda dari kawan-kawannya. Gaudi bahkan pernah dinyatakan tidak lulus ujian, karena merancang pintu masuk kuburan yang aneh bagi dirinya sendiri. Gaudi memiliki bakat yang besar dan memperoleh gelar arsitek pada tahun 1878.

Gaudi memperoleh banyak pengalaman di dunia kerja, ia bekerja sebagai perancang, draftsman dan pembuat hitungan konstruksi. Gaudi banyak belajar dari Juan Martorell Montells yang ahli dalam dalam arsitektur Gotic, yang kemudian banyak berpengaruh terhadap rancangan Gaudi dalam bentuk Neo-Gotic atau Gotic Modern.

Pengaruh dari lingkungan tempat kelahiran Gaudi cukup berperan terhadap konsep-konsep dan inovasi arsitekturnya, hal ini terlihat pada bagian dari rancangan Gaudi, berupa elemen dari baja yang berfungsi sebagai balustrade, tangga, teralis, gril, ornamen-ornamen dan lain sebagainya. Elemen-elemen ini dikembangkan kedalam bentuk Art-Nouveau yang mendominasi ruang dalam atau bagian luar bangunan.

Gaudi menciptakan bentuk baru dengan moderenisasi arsitektur Mudejar dipadukan dengan bentuk Barber. Dalam hal bentuk Gaudi sangat menyukai bentuk-bentuk alami seperti hutan, karang, gua, gelombang dan bentuk lengkung. Bangunan karya Gaudi seolah-olah bersifat puitis, berirama, metaphoric (perubahan bentuk), scluptural tiga dimensi dan berwarna seperti lukisan.

Gaudi meninggal dunia pada tanggal 10 Juni 1926 dalam peristiwa kecelakaan lalu-lintas. Tak seorang pun tahu bahwa yang tertabrak kereta pagi itu bernama Antonio Gaudi. Mereka hanya membawanya ke rumah sakit dan tiga hari kemudian di tahun 1926 tersiar ke seluruh Barcelona, Gaudi si arsitek Templo de La Sagrada Familia meninggal dunia. Gaudi merupakan arsitek besar dengan sejumlah karya besar yang fantastis dan karya-karyanya banyak menghiasi wajah-wajah kota di Barcelona, Spanyol.

Hasil rancangan Gaudi banyak dipengaruhi oleh arsitektur Gotic Klasik dengan menara menjulang, hiasan memenuhi dinding, namun terdapat perbedaan antara Gotic asli dengan Gotic ala Gaudi yaitu pada sistem konstruksi dan ornamen. Pada Gotic klasik ornamen dipahat dan diletakan pada bangunan sedangkan gaya gaudi ornamen menyatu, dicor atau dicetak langsung dengan beton.

Usaha moderenisasi Gotic oleh Gaudi terlihat dari pernyataannya; “Gotic adalah suatu sistem yang mati,untuk itu harus diberikan kembali kehidupan, perbaikan dan perubahan konstruksinya dalam bentuk alami agar kekuatanya dapat bangkit kembali”. Dari pernyataan tersebut terbukti pada beberapa rancangan Gaudi yang menggabungkan unsur Gotic dan Naturalis serta Art-Nouveau sebagai bentuk utama maupun hiasan.

Konsep rancangan Gaudi banyak menerapkan bentuk-bentuk alami (Naturalis) berupa bentuk manusia, tumbuhan, hewan batu karang, goa, gelombang dan lain sebagainya. Pengembangan bentuk oleh Gaudi lebih bersifat kejujuran, kemurnian dimana dinding dari bata tanpa plester, batu, beton exposed dengan sistem konstruksi; kolom, balok, lengkungan, bentangan yang memiliki ketepatan dan kejelian dalam perhitungan struktur yang merupakan bagian dari Modernisme.

Gaudi menciptakan batas-batas arsitektural dengan menggunakan facade berongga dengan bahasan kerajinan, abstraksi, pertumbuhan alami, sifat bahan, emosi artistik, simbolisme, perhatian materialis yang menciptakan suatu ekspresi yang sangat individual, emosional dan fantastis.

Sebagai pemikir Gaudi merasa perkembangan mengingkari ekspresi personal seseorang. Kebebasan ekspresi untuk mewujudkan mimpi-mimpi pribadi seperti terabaikan. Gaudi sangat pantang melakukan duplikasi terhadap rancangannya sendiri. Gaudi sangat obsesif, seolah seluruh tetesan kreativitasnya ia peras-peras untuk mewujudkan impian.

Karya-karya besar Gaudi : *
Casa Vicens (1883-1885)
Colegio De Santa Terasa De Jesus (1888-1890)
1. Casa Cavlet (1894-1904)
2. Palau Guell (1884-1889)
3. Cassa Batllo (1904-1906)
4. Casa Mila (1906-1910)
5. Sagrada Famillia (1883-1926)


Lihat desain Gaudi disini dan disini


Dilihat dari hasil karya-karya arsitektur Gaudi, maka bisa dikategorikan kedalam gaya, aliran, isme arsitektur:

Neo Gotic : Aliran arsitektur yang menggabungkan unsur-unsur gaya arsitektur yang lainkedalam suatu bangunan yang didominasi oleh gaya gotic atau gaya gotic yang telah dimodifikasi. Neo-Gotic merupakan bagian dari Eklektikisme.

Art-Neuveau : Kebebasan imajinasi serta inspirasi dalm ekspresi bentukalami,dipadukan dengan seni yang cendrung kepada penyederhanaan bentuk tumbuhan dan organik kedalam bentuk seni dekorasi.

Art-Nouveau adalah sebutan untuk gerakan pembaruan seni akhir abad 19 (1894-1914) yang memprotes model seni yangh diajarkan disekolah-sekolah. Selain di Eropa gerakan ini juga berlangsung di Amerika. Selanjutnya sekitar tahun 1880-1890. Art-Nouveau berkembang menjadi sebuah gaya arsitektur dan interior yang mendunia. Gaya ini banyak dicirikan oleh garis-garis, rancangan yang organik,karena mengambil inspirasi dari alam.

Art-Nouveau memiliki ciri-ciri:
- Menggunakan betuk-bentuk geometri
- Ekspresi arsitektur logam dengan inspirasi bentuk alami.
- Penyederhanaan bentuk tumbuhan dan hewan (flora dan fauna).
- Menggunakan material modern, kaca, baja cetak, logam, beton, dll.

Naturalisme : penggunaan atau pengembangan unsur-unsur bentuk yang bersifat alami kedalam bangunan.
Mudejar Stlye : gaya arsitektur campuran pengaruh islam dan kristen di Spanyol.
Modernisme : suatu yang lebih bersifat baru, inovatif, kreatif dan tidak konvensional yang ditekankan pada bentuk, komposisi, irama.



Tidak ada komentar: