Sabtu, Agustus 30, 2008

Balimau atau Padusan


Balimau atau Padusan sebuah tradisi bernuansa religious yang dilakukan satu hari menjelang datangnya bulan Ramadhan.


Balimau:
Balimau dalam terminologi orang Minang adalah mandi menyucikan diri (mandi wajib, mandi junub) dengan limau (jeruk nipis), ditambah ramuan alami beraroma wangi dari daun pandan wangi, bunga kenanga, dan akar tanaman gambelu, yang semuanya direndam dalam air suam-suam kuku. Lalu, dioleskan ke kepala. Ramuan tradisional untuk balimau tersebut adalah warisan turun-temurun, sejak puluhan tahun lalu bahkan konon sejak ratusan tahun lalu.

Sungguhpun tradisi ini telah mulai hilang atau sengaja dihilangkan, karena ada kalangan alim ulama, menganggap tradisi balimau sebagai perbuatan bid’ah (perkara yang diada-adakan dalam agama). Namun apapun celaan terhadap tradisi ini, tiap tahunnya tradisi balimau tetap dipelihara dan dilestarikan masyarakat.


Padusan:
Padusan, bagi orang Jawa mungkin istilah itu tidak asing lagi. Adalah suatu ritual mandi dalam rangka menyambut bulan puasa. Makna dari padusan tersebut adalah membersihkan diri untuk menghadapi bulan suci ramadhan. Padusan berasal dari kata adus yang berarti mandi. Mandi dalam hal ini adalah mandi besar, yakni membersihkan diri dari kotoran, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Menurut ceritanya, ini merupakan bagian dari cara Syiar Sunan Kalijaga. Pada masa itu beliau memahami, masyarakat Jawa sangat menyukai segala sesuatu yang bersifat ritual, terutama karena masih kentalnya pengaruh animisme.

Sebagian masyarakat di Jawa beranggapan tidak lengkap rasanya mengawali puasa tanpa padusan. Padusan sudah menjadi adat kebiasaan tahunan menjelang puasa. Hanya sekadar kebiasaan, namun sudah menjadi kebutuhan. Bahkan, ada sebagian yang menganggap padusan itu wajib.

Meski bisa dilakukan di rumah, namun sebagian orang, terutama anak-anak dan remaja, memilih padusan atau balimau di pemandian umum, seperti di kolam renang, umbul atau mata air, bahkan di sungai. Selain banyak orang, ada hiburan musik, dangdutan dan doorprize menjadi penarik lain dalam acara padusan atau balimau yang diadakan di tempat-tempat umum.

***kemana rencana Anda pergi Balimau atau Padusan?





Tidak ada komentar: