Kamis, Agustus 07, 2008

Hari Jadi Kota Padang


Hari ini adalah hari jadi kota Padang yang ke 339.

KOTA Padang merupakan salah satu daerah tingkat II sekaligus ibu kota Provinsi Sumatra Barat. Kota ini berawal dari permukiman di tepi air, tepatnya di muara Sungai Batang Arau. Pada waktu itu, Padang merupakan sebuah perkampungan nelayan kecil.

Tidak ada data yang pasti mengenai siapa yang memberi nama kota ini Padang. Yang jelas sejak kedatangan bangsa Belanda ke kota ini, penduduknya sudah cukup banyak dengan bermukim di sepanjang Sungai Batang Arau. Kota Padang pada zaman dahulu diperkirakan berupa sebuah dataran atau padang yang sangat luas. Oleh sebab itu, orang-orang yang datang pertama kali memberi nama kota ini Padang. Wilayah tersebut selama berabad-abad dikuasai Kerajaan Pagaruyung. Pada abad ke-17, Kota Padang berhasil ditemukan VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie). Karena memiliki muara bagus dan besar, VOC tertarik untuk membangun pelabuhan yang besar di Padang.

Pada 1667, VOC mendapat izin dari penghulu mendirikan loji pertamanya di Padang. Pendirian loji itu memulai babak penjajahan Barat di Kota Padang. Bercokolnya VOC di Kota Padang membuat masyarakat sekitar marah. Tanggal 7 Agustus 1669 merupakan puncak pergolakan masyarakat Pauh dan Koto Tangah melawan Belanda. Loji-loji Belanda di Muaro, Padang, berhasil dikuasai. Peristiwa tersebut diabadikan sebagai tahun lahir Kota Padang.

*** selamat hari jadi, semoga Kota Padang lebih maju




Tidak ada komentar: