Jumat, April 25, 2008

Bantal



Bantal/ pillow adalah sokongan atau bantalan besar untuk kepala, biasanya dipakai sedang tidur di tempat tidur, atau untuk badan di atas kursi panjang atau kursi santai

Ada juga bantal lemparan yaitu bantal yang hanya sebagai hiasan saja dan tidak untuk bantuan atau kenyamanan.

Dalam sejarah, bantal semula lebih banyak dipakai oleh sebagian besar kaum yang kaya, dan sudah ditemukan di kuburan Kuno Mesir. Kesukaran dalam pewarnaaan dan teknik jahit-menjahit menyebabkan perkembangan bantal sebagai bentuk karya seni, dengan bantal yang dihiasi menjadi komoditas berharga terlebih dulu di Cina dan kemudian di Eropa. Di Pertengahan Revolusi Industri mulai dilakukan produksi masal tekstil yang dihiasi dan bantal yang dihiasi. Bantal tradisional Cina biasanya berbentuk kotak yang terbuat dari kayu, batu, metal ataupun porslen.

Kenapa saya jadi bercerita tentang bantal?

Tadi siang saya berkunjung kerumah seorang teman perempuan. Kebetulan waktu saya datang dia sedang bersih-bersih kamar dan ganti sarung bantal dan sprey . Teman saya tersebut memperlihatkan dan menceritakan tentang bantal kesayangannya.

Semula saya berfikir kalau bantal kesayangan dia, adalah bantal baru berbentuk boneka dan penuh hiasan, ternyata saya keliru, bantal tersebut adalah bantal guling yang sudah lusuh dan tidak empuk lagi, kapasnya pun sudah sudah tidak penuh lagi.

Dia bercerita kalau bantal tersebut telah menemaninya sejak masih bayi hingga sekarang ini. Dan sudah dibawa berpindah-pindah dari kota satu ke kota lain. Dia tidak bisa tidur nyenyak tanpa ditemani bantal lusuh dan usang tersebut.

Begitu hebatnya fungsi bantal


Tidak ada komentar: