Sabtu, April 19, 2008

Cari Rumah Kost

Laura


Sudah dua hari, mencari rumah kost buat sepupunya Laura. Cukup melelahkan, tapi juga mengasikan. Keliling kota naik motor kadang kena panas dan kadang kena gerimis.

Ada beberapa pertanyaan yang sering kami tanyakan waktu mencari rumah kost:

* Apakah disini rumah kost?
* Masih ada kamar yang kosong?
* Ada berapa kamar yang disewakan
* Kostnya khusus putri, putra atau campur?
* Yang tinggal anak kuliah atau yang sudah bekerja?
* Berapa harga sewanya?
* Hitungannya per-orang atau per-kamar?
* Pembayarannya per bulan atau per tahun?
* Fasilitasnya apa saja?
* Apakah harga tersebut sudah termasuk biaya listrik atau tidak?
* Apabila membawa peralatan elektronik apakah dikenakan biaya tambahan?
* Apakah harga tersebut sudah termasuk jasa cuci/setrika?
* Kamar mandinya di luar atau didalam?
* Bagaimana dengan aturan penerimaan tamu?
* dll

Beberapa pertimbangan mencari rumah kost:

1. Lokasi,

Carilah Rumah Kost yang dekat dengan tempat sekolah, kuliah ataupun kerja. Hal ini nantinya akan dapat menghemat waktu dan tentunya ini berarti menghemat uang. Kita akan lebih punya waktu luang dan tidak perlu membuang banyak waktu di perjalanan. Jakarta contohnya, adalah kota yang sangat padat, macet pula. Jalan ke sana 1 jam, jalan ke mari 1 Jam, bahkan lebih. Hal ini tentunya akan banyak membuang waktu bila kita tinggal jauh dari Rumah Kost kita.

2. Akses

Rumah Kost yang dekat dengan Lokasi berbagai kebutuhan kita misalnya untuk tempat makan, warnet, mini mart. Paling tidak berbagai kebutuhan dasar kita bisa terpenuhi di sini. Letak Rumah Kost yang strategis akan sangat membantu kita sebagai penghuni Rumah Kost.

3. Keamanan

Salah satu hal yang terpenting dalam pemilihan Rumah Kos adalah Keamanan. Berhati hati dalam memilih Rumah Kost, terutama yang berlokasi di tempat yang jauh dari keramaian, kurang penerangan, jalan masuk yang sempit dan sepi. Cobalah dengan keluarga berjalan di sekitar Rumah Kost di siang dan malam hari untuk mendapatkan perasaan apakah Lingkungan Rumah Kos yang akan kita tempati merupakan area yang aman. Dapatkan informasi dari mereka yang pernah tinggal di Lingkungan ini ataupun dari Ketua Lingkungan Warga (RT/RW). Keamanan merupakan faktor yang penting dalam pemilihan Rumah Kost.

Perhatikan juga para Penjaga Rumah Kost (Satpam), apakah mereka kelihatan profesional dan dapat diandalkan, atau hanya duduk duduk tanpa sebenarnya perduli dengan Rumah Kos yang mereka Jaga. Terkadang Penjaga Rumah Kost yang tidak disiplin dapat menjadi sumber masalah Keamanan Rumah Kost.

4. Fasilitas

Fasilitas merupakan tambahan dari Rumah Kost. Fasilitas ini membantu penghuni merasa lebih betah karena mendapatkan hal lebih untuk Tinggal di Rumah Kost. Fasilitas ini seperti Kabel / Satelit TV, Internet yang saat ini mulai dibutuhkan penghuni Rumah Kos, Fitness, Tempat bersantai, Parkir kendaraan, dan lain sebagainya. Fasilitas ini dapat diberikan secara Gratis ataupun perlu dibayarkan.

5. Harga

Survey dulu harga sekitar lingkungan Rumah Kost. Harga ini tentunya sesuai dengan Keadaan dan Fasilitas Rumah Kost yang diberikan. Perhatikan harga yang terlalu murah, apakah ada masalah dengan Rumah Kost ini? ataukah memang murah karena umur Rumah Kost nya yang sudah agak tua. Jangan mentang mentang murah, langsung kita iyakan untuk tinggal di Rumah Kost ini. Periksa dulu semuanya, kita kan tidak mungkin terus berpindah-pindah Rumah Kost. Rumah Kost yang terlalu mahal, tentunya akan menguras kantong. Hitung hitung dulu budget yang memang kita miliki untuk tinggal di Rumah Kost.

Bacaan: http://rumahkos.com/:

1 komentar:

rumah kos mengatakan...

Blog berkesan, salam dari rumah instan