Senin, Januari 28, 2008

Kampus Dalem Mangkubumen


Dalem Mangkubumen:

Dalem Mangkubumen terletak di kawasan Ngasem Yogyakarta, seperti dalem-dalem lainnya yang banyak tersebar di kawasan Jeron Beteng. Dalem merupakan Rumah yang diperuntukan bagi Pangeran. Selain tempat tinggal, Dalem ini merupakan tempat mendidik atau tempat belajar bagi calon pangeran. Rumah ini dibangun pada kira-kira tahun 1865 oleh Sultan Hamengku Buwono VI untuk kediaman putra mahkotanya, Pangeran Adipati Anom. Rumah ini pernah disebut Dalem Pangeran Kadipaten.

Ketika Adipati Anom menjadi raja, Rumah Pangeran ini digunakan sebagai kediaman Pangeran Mangkubumi, adik dari Adipati Anom. Itulah sebabnya, Rumah Pangeran ini juga disebut Dalem Pangeran Mangkubumen. Setelah Pangeran Mangkubumi meninggal pada tahun 1918, rumah ini menjadi kediaman ditempati oleh pangeran Mangkubumi yaitu GPH Buminoto, hingga tahun 1928. Kemudian , Dalem Mangkubumen digunakan sebagai kediaman keluarga Sultan Hamengku Buwono VII dan Hamengku Buwono VIII.

Meski awalnya Dalem Mangkubumen merupakan rumah pangeran dan tempat mendidik calon pangeran, namun atas izin Sultan Hamengku Buwono IX, Dalem Mangkubumen pernah digunakan sebagai tempat tinggal sementara oleh Jenderal Sudirman ketika Agresi Belanda II tahun 1948. Dalem Mangkubumen juga pernah digunakan sebagai tempat perkuliahan bagi para mahasiswa UGM. Tahun 1949 digunakan untuk perkuliahan Perguruan Tinggi Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Sekolah Tinggi Pertanian dan Sekolah Tinggi Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada. Saat ini Dalem Mangkubumen difungsikan sebagai SMA Mataram dan Kampus Universitas Widya Mataram Yogyakarta.




Universitas Widya Mataram Yogyakarta:

Kampus ini didirikan oleh Almarhum Sri Sultan Hamengkubwono IX dan Sri Sultan Hamengkubwono X yang pada waktu itu masih menjadi Pangeran. Kampus ini didirikan untuk orang-orang yang bergolongan ekonomi menengah ke bawah agar sama-sama dapat merasakan dunia pendidikan tinggi. Dari dulu bahkan sampai sekarang masih banyak di nikmati oleh golongan ekonomi menengah kebawah hingga kelas atas.

Dengan biaya yang termurah di Yogyakarta dan dengan mutu yang baik menjadikan Universitas ini menjadi Universitas bagi masyarakat madani dan berbudaya.

"Kampus Tradisional Berbasis Kebudayaan"

Universitas Widya Mataram Yogyakarta
Jl. Dalem Mangkubumen Kt III/237, Yogyakarta 55132
Telepon: (0274) 374352, 377150
Faks.: (0274) 381722

Berdiri: 7 Oktober 1982

Program Studi:
Akuntansi - S1 Terakreditasi - C
Arsitektur - S1 Terakreditasi - B
Ilmu Administrasi Negara -S1 Terakreditasi - B
Ilmu Hukum - S1 Terakreditasi - B
Manajemen - S1 Terakreditasi - B
Sosiologi - S1 Terakreditasi - B
Teknik Industri - S1 Terakreditasi - C
Teknologi Pangan - S1 Terakreditasi - C



Tidak ada komentar: