Selasa, Maret 11, 2008

Lima Elemen Kota

Menurut Prof. Drs. R. Bintarto Kota adalah suatu sistem jaringan kehidupan manusia dengan kepadatan penduduk yang tinggi, strata sosial ekonomi yang heterogen, dan corak kehidupan yang materialistik.

Kota merupakan satuan wilayah yang merupakan simpul jasa distribusi, berperan memberikan pelayanan pemasaran terhadap wilayah pengaruhnya, luasnya ditentukan oleh kepadatan jasa distribusi yang bersangkutan (bukan pengertian kota dengan administrasi Pemerintah,tetapi berkaitan dengan jaringan jalan)

Kota, menurut definisi universal, adalah sebuah area urban yang berbeda dari desa ataupun kampung berdasarkan ukurannya, kepadatan penduduk, kepentingan, atau status hukum. Dalam konteks administrasi pemerintahan di Indonesia, kota adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia setelah provinsi, yang dipimpin oleh seorang walikota

Secara garis besar Prof.Kevin Lynch menemukan dan mengumpulkan ada lima elemen pokok atau dasar yang digunakan untuk membangun gambaran terhadap sebuah kota, adalah sebagai berikut:


1. Pathways (Direction)
Adalah jalur-jalur sirkulasi yang digunakan oleh orang untuk melakukan pergerakan. Setiap kota mempunyai jaringan jalur utama (mayorontes dari sebuah lingkungan, jaringan jalur minor. Jaringan jalan raya kota adalah jaringan pathways untuk keseluruhan kota

2. Districts (Domain/area)
Sebuah kota terdiri dari berbagai lingkungan bagiannya atau disebut districts seperti : pusat kota , uptown, midtown, daerah perumahan, daerah industni, suburban, kampus dan sebagainya. Kadang-kadang lingkungan ini berbeda dalam bentuk dan besarnya. Dan kadang-kadang dapat berbaur dalam karakter dan tidak mempunyai batas-batas (pemisah) yang je las, seperti midtown area di Manhattan.

3. Edges (Territorial boundary)
Edges merupakan pinggiran dari sebuah districts atau batas-batas districts antara districts yang satu dengan yang lainnya.

4. Landmark
Landmark merupakan titik referensi sebagai elemen eksternal dan menonjol pada sebuah kawasan kota, misalnya gedung tinggi, menara, pohon besar, kubah masjid dan .

5. Nodes
Nodes adalah pusat aktivitas, sesungguhnya nodes adalah sobuah type dari Landmark yang berfungsi aktif dan nodes adalah pusat aktifitas yang berbeda dan jelas.
Kelima elemen pokok ini sudah cukup untuk membuat sebuah survey visual dari bentuk sebuah kota.

Bacaan: Lynch, Kevin. The Image of the City (Cambridge, Mass MIT, 1984.)

Tidak ada komentar: