Sabtu, Desember 15, 2007

Tolololpedia vs Wikipedia

Tadi mampir di situs tolololpedia, ternyata isinya menarik dan lucu-lucu. Saya coba bandingin hasil pencarian di tolololpedia dengan hasil pencarian di wikipedia, ternyata tidak begitu "jauh berbeda".





Saya coba-coba mencari pengertian kata "Arsitektur" di tolololpedia dan wikipedia.

Pengertian Arsitektur menurut tolololpedia:
Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam mengatur seorang arsitek.

Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang keseluruhan lingkungan binaan untuk memuaskan keinginan arsitek, mulai dari level makro yaitu rumah tinggal si arsitek, kota si arsitek, hingga ke level mikro yaitu sel kulit dan rambutnya. Tidak bisa dibantah, apa yang dirancang arsitek selama ini lebih memperhatikan apa yang disukainya dibanding keinginan konsumen pemesan.
Menurut Vitruvius di dalam bukunya De Architectura (yang merupakan sumber tertulis paling tua yang masih ada hingga sekarang), bangunan yang baik haruslah memiliki batu, adukan semen yang tepat, dan tentu saja persediaan uang untuk membayar arsitek yang bahkan tidak pernah bekerja keras sedikit pun dengan menyentuh dua bahan lainnya.

Tetapi arsitektur dapat dikatakan sebagai keseimbangan dan koordinasi antara ketiga unsur tersebut, dan tidak ada satu unsur yang melebihi unsur lainnya. Dalam definisi modern, arsitektur harus mencakup pertimbangan fungsi, estetika, dan psikologis. Namun, dapat dikatakan pula bahwa unsur fungsi itu sendiri di dalamnya sudah mencakup baik unsur estetika maupun psikologi (tentu saja, dua unsur pertama yang menyebalkan diimbangi oleh harumnya unsur ketiga).

Arsitektur adalah bidang multi-dispilin, termasuk di dalamnya adalah menjumlah (tanpa tahu kapan mengurangi), baris-berbaris (untuk merapikan susunan batu-bata, humoria (yang oleh para ahli ilmu arsitek malah disalahkaprahkan dengan humaniora), politik, sejarah, filsafat, dan sebagainya.
Mengutip Vitruvius, "Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya, dan dilengkapi dengan proses belajar: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni". Ia pun menambahkan bahwa seorang arsitek harus fasih di dalam bidang musik, astronomi, dsb. Akibatnya jika tidak berhati-hati para calon arsitek bisa menjadi gila karena apa yang mereka pelajari berkali lipat jauh lebih rumit daripada profesi lain.

Pengertian Arsitektur menurut wikipedia:

Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan.

Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut. Arsitektur adalah bidang multi-dispilin, termasuk di dalamnya adalah matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, politik, sejarah, filsafat, dan sebagainya. Mengutip Vitruvius, "Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya, dan dilengkapi dengan proses belajar: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni". Ia pun menambahkan bahwa seorang arsitek harus fasih di dalam bidang musik, astronomi, dsb. Filsafat adalah salah satu yang utama di dalam pendekatan arsitektur. Rasionalisme, empirisisme,fenomenologi strukturalisme, post-strukturalisme, dan dekonstruktivisme adalah beberapa arahan dari filsafat yang mempengaruhi arsitektur.
Pentingnya teori untuk menjadi rujukan praktek tidak boleh terlalu ditekankan, meskipun banyak arsitek mengabaikan teori sama sekali. Vitruvius berujar: "Praktek dan teori adalah akar arsitektur. Praktek adalah perenungan yang berkelanjutan terhadap pelaksanaan sebuah proyek atau pengerjaannya dengan tangan, dalam proses konversi bahan bangunan dengan cara yang terbaik. Teori adalah hasil pemikiran beralasan yang menjelaskan proses konversi bahan bangunan menjadi hasil akhir sebagai jawaban terhadap suatu persoalan. Seorang arsitek yang berpraktek tanpa dasar teori tidak dapat menjelaskan alasan dan dasar mengenai bentuk-bentuk yang dia pilih. Sementara arsitek yang berteori tanpa berpraktek hanya berpegang kepada "bayangan" dan bukannya substansi. Seorang arsitek yang berpegang pada teori dan praktek, ia memiliki senjata ganda. Ia dapat membuktikan kebenaran hasil rancangannya dan juga dapat mewujudkannya dalam pelaksanaan".

"Anda dapat membantu Wikipedia mengubah dunia!"
"Anda dapat membantu Tolololpedia merusak dunia!"

Mana yang tepat menurut anda?

Tidak ada komentar: