Minggu, November 16, 2008

Celengan


Celengan merupakan nama umum untuk kotak pengakumulasian atau penabungan koin. Umumnya, celengan digunakan oleh anak-anak. Celengan biasanya terbuat dari keramik atau porselen. Celengan bertujuan untuk mengajarkan kepada anak untuk menabung. Pada celengan tradisional, uang dapat dengan mudah dimasukkan, namun jika ingin mengambil uangnya, celengan tersebut harus dipecahkan. Tapi celengan modern memiliki lubang karet pada bagian bawahnya, untuk memudahkan dalam mengambil uang yang disimpan dalam celengan tersebut.


Masih ingat semasa kecil, bagaimana orang tua kita, mengajari kita untuk membiasakan menabung. Mereka sering membelikan sebuah celengan, kadang berbentuk ayam jago, celeng/ babi, buah-buahan, dan bentuk lainnya.

Saya masih ingat, menabung di celengan. Setelah celengan penuh, uangnya kemudian dibelikan mainan, kadang buku, kadang tas dan keperluan lainnya. Kebiasaan ini terus berkembang, orang tua kemudian mengajari untuk menabung di bank. Setelah celengan penuh tidak langsung di belanjakan, uang tersebut di bawa ke bank dan di simpan secara aman disana. Saya masih ingat juga, pertama kali saya menabung di bank Bukopin, kalau tidak salah waktu itu jenis tabungannya "siaga".

Kebiasan menabung di celengan masih terbawa sampai saya duduk di bangku kuliah. Kadang uang receh sisa belanja, sisa beli makan di masukan ke celengan. Waktu itu uang di celengan tersebut hanya digunakan untuk membeli buku setiap bulannya.



***mari menabung...





Tidak ada komentar: